Oleh-oleh dari thailand #3


Nong Noch Tropical garden
Gambar 1. Simetris seperti taman-taman di Eropa

Dari segi landscape secara garis besar penataan taman dalam nong noch tropical garden mengikuti gaya taman di istana prancis. Hal ini dipengaruhi dengan budaya barat yang dibawa raja ke V Thailand. Disetiap spot taman mempunyai tema-tema tersendiri namun secara garis besar penataannya sangat simetris. 
Gambar 2. taman - taman tematik

Pemilihan tanaman teh-tehan sebagai tanaman yang mudah dibetuk , mulai dari bentuk gajah hingga bentuk bentuk lainnya. Adapula bougenfile, cemara, dan unutk menambah kesan tropis dihadirkan tamanan palem-paleman dari berbagai macam ukuran disekitar taman. Karena bergaya eropa biasanya  dalam sebuah taman bergaya klasik terdapat sebuah pusat taman yaitu baik berupa patung, air mancur, ataupun gazebo, pada salah satu area kawasan nong nonch tropical garden ini. Sebuah taman dibentuk dengan gaya eropa. Pusat taman berupa air mancur dengan dua buah patung anak kecil ditengahnya yang dikelilingi oleh tanaman teh-tehan yang disusun simetris dengan level ketingian yang berbeda-beda,di bagian pojok terdapat dua buah gazebo bergaya klasik , sebagai pembatas taman, terdapat cemara yang disusun melingkari taman yang menghadap jalan utama.

Gambar 3. di pusat taman ada gazebo bergaya Eropa

 Disalah satu sisi taman yang lain mengambil tema mediterania terliat dari pemilihan tanaman dengan bunga yang berwarna-warni. Elemen hard material banyak terbentuk dari patung-patung mausia hingga binatang yaitu gajah. Tema taman yang lebih modern dihadirkan dengan elemen replica semut dari yang berukuran besar hingga kecil, ada pula elemn batu bulat pada taman batu bulat. Semua taman-taman ini dihubungkan lewat jalan beraspal dan juga jembatan bertingkat sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan taman yang indah tanpa harus mengunjunginya satu per satu.

Gambar 4. patung gajah sebagai hardmaterial dalam landscape yang membuat nuansa Thailand tetap ada ditengah taman bergaya klasik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar