Perbandingan Demokrasi Indonesia dengan Negara Lainnya


Demokrasi saat ini dipandang menjadi salah satu sistem pemerintahan yang cukup sempurna, mengingat pelaksanaannya yang melibatkan rakyat secara leluasa dalam pemerintah. Sehingga ada banyak Negara yang menganut system pemerintahan seperti ini, salah satunya adalah Negara kita Indonesia, berikut saya akan coba mengulas demokrasi dari Negara kita, Indonesia dengan Amerika, salah satu Negara adidaya untuk menjadi bahan perbandingan.
Pada dasarnya kedua Negara menganut sistem demokrasi namun pada dasarnya ada duahal yang berbeda di dalamnya.



Indonesia menganut demokrasi Pancasila, demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang mengutamakan musyawarah mufakat tanpa oposisi , Demokrasi Pancasila merupakan demokrasi konstitusional dengan mekanisme kedaulatan rakyat dalam penyelenggaraan negara dan penyelengaraan pemerintahan berdasarkan konstitusi yaitu Undang-undang Dasar 1945[4]. Sebagai demokrasi pancasila terikat dengan UUD 1945 dan pelaksanaannya harus sesuai dengan UUD 1945. (sumber; wikipedia).

Sedang Amerika menganut sistem demokrasi liberal, demokrasi liberal, juga dikenal sebagai demokrasi konstitusional, adalah bentuk umum dari demokrasi perwakilan . Menurut prinsip-prinsip demokrasi liberal, pemilu harus bebas dan adil, dan proses politik harus kompetitif. . Politik pluralisme biasanya didefinisikan sebagai adanya beberapa dan berbeda partai politik,

Kesamaan:

Pada pemilu, kedua Negara tetap menjunjung tinggi pilihan rakyat dengan membebaskan setiap rakyatnya untuk meilih tanpa perbedaan atara satu dan lainnya. Dan suara tebanyaklah yang akan diambil. (namun pemilih harus memenuhi syarat sebagai pemilih).
Kedua Negara ini juga menjunjung tinggi HAM, dimana setiap hak warga negaranya dijamin dan dilindungi dengan baik.Perbedaan:

Perbedaannya hanya berada pada atas dasar apa demokrasi itu berdiri. Indonesia berdasarkan pancasila yang masih berikat dengan UUD 1945, di Amerika, “proses demokrasi” berlaku ketika memutuskan siapa yang menjadi penguasa selanjutnya terserah kepada penguasa untuk menentukan hukum yang mengatur dan menjalankan Negara.

Nah, setelah ulasan singkat ini, menurut anda demokrasi mana yang paling baik ( walaupun sebenarnya, berbagaimacam bentuk demokrasi masih belum sempurna)


Sumber :

http://translate.google.co.id/translate?
hl=id&langpair=en|id&u=http://answers.yahoo.com/question/index%3Fqid%3D20110324105856AAuHF3K
http://en.wikipedia.org/wiki/Democracy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar